Cara mencegah gumoh pada bayi

Bookmark and Share

Cara mencegah gumoh pada bayi melalui perawatan yang tepat pada bayi, cara mencegah gumoh pada bayi perlu anda ketahui agar tidak panik ketika menemukan bayi anda gumoh yang tanpa anda ketahui apa yang menjadi penyebabnya. 

Biasanya setelah bayi diberikan ASI, seringkali bayi mengalami gumoh. Kejadian gumoh pada bayi merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi, namun anda tidak perlu merasa khawatir ataupun was-was. Cegah gumoh pada bayi melalui beberapa tips seerhana berikut ini;

Walaupun menyebabkan rasa panik ketika melihat si bayi gumoh, namun gumoh pada bayi tersebut tidaklah menyebabkan hal yang serius. Apabila bayi Anda masih terlihat nyaman serta tidak mengalami penurunan berat badan, gumoh pada bayi ini masih dapat dikategorikan sebagai gumoh yang lumrah yang tentunya tidak perlu anda khawatirkan.

Pada umunya bayi yang mengalami gumoh ini seringkali ditemui pada bayi berusia tiga bulan pertama setelah kelahiran. Dan pada saat bayi berusia 12 bulan gumoh akan berhenti dengan sendirinya, lain halnya jika melewati usia tersebut namun bayi masih sering mengalami gumoh maka anda patut mewaspadainya. Gangguan pada pencernaan ataupun lambung juga dapat memicu gumoh pada bayi diatas usia satu tahun.

Pada saat anda memberikan makan posisikan bayi anda dalam posisi duduk tegak untuk menghindari bayi gumoh. Hindari pemberian makan sambil melakukan permainan yang aktif, dan juga disaat memberikan makan sebaiknya biarkan bayi merasa rileks dan tenang.

Berikanlah bayi ASI ataupun susu secara bertahap serta dalam jumlah yang cukup ataupun tidak berlebihan. Terlalu banyak minum susu yang tidak sesuai dengan takaran kebutuhan bayi maka tentunya akan menyebabkan bayi anda gumoh. Jadwalkanlah secara teratur dalam memberikan susu ataupun ASI pada bayi anda.

Biasakanlah menepuk ataupun mengusap punggung bayi setelah anda selesai memberikan makanan ataupun memberikannya susu. Hal ini bertujuan agar bayi dapat bersendawa, dengan terdorongnya udara dari dalam perut yang keluar melalui sendawa tadi dapat mencegah bayi mengalami gumoh, karena makanan dapat dengan mudah masuk pada saluran pencernaannya.

Cara lain untuk mencegah bayi gumoh adalah dengan selalu memperhatikan dan memeriksakan dot pada bayi anda. Pilihlah dot yang sesuai dengan ukuran mulut bayi, terlalu besarnya ukuran dot tentunya akan menyebabkan susu yang mengalir menjadi terlalu cepat dan hal ini dapat memicu bayi mengalami gumoh.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar