Playstation 4 akan gunakan 8-inti CPU dan GPU 7970M?

Bookmark and Share
Playstation 4 akan gunakan 8-inti CPU dan GPU 7970M. Setelah sebelumnya ada bocoran spesifikasi Xbox 720 yang menggunakan 8-inti CPU dan 8 GB Ram, kali ini giliran Playstation 4 yang dikuak spesifikasinya. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari Techspot.com, hardware dari Playstation 4 ini ternyata sangat bersaing ketat lho dengan Xbox 720 yaitu sama-sama menggunakan 8-inti CPU AMD 1,6 GHz namun bedanya GPU di konsol terbaru Sony ini direncanakan akan menggunakan Radeon HD 7970M.


Pernah tahu GPU Radeon 7970M? Kalo anda sampai ngga tahu pasti anda bukanlah seorang gamer sejati, karena GPU ini merupakan salah satu Grafis terbaik yang ada dalam perangkat laptop dan menjadi rekomendasi dari laptop Alienware sendiri yang berharga 20juta ke atas lho. Berdasarkan pengalaman saya yang pernah mencoba bermain game di laptop, GPU seri jauh dibawahnya yaitu Radeon HD 7670M sudah cukup untuk memainkan game-game modern dengan setting medium bahkan high dengan sangat lancar, apalagi seri Radeon HD 7970M yang jelas-jelas memiliki kemampuan berkali lipat dari itu.


Perlu anda tahu, kebanyakan game PC yang ternyata muncul lebih dahulu pada konsol, biasanya adalah hasil portingan. Nah hasil portingan ini memaksa PC untuk bekerja lebih ekstra daripada yang seharusnya, jadi jangan heran jika anda memainkan seri Assassin Creed pada PS3 bisa lebih lancar dibandingkan dengan PC padahal menggunakan spesifikasi yang jelas-jelas lebih tinggi dari PS3 (Saya memperkirakan PS3 menggunakan GPU yang setara dengan GTS 250 512MB atau maksimal GTS 450 1GB).

Jika Grafis Playstation 3 saja sudah halus seperti dibawah ini, bagaimana dengan Playstation 4?



Bisa-bisa mungkin bakal seperti dibawah ini grafis Playstation 4 . . .


Dari data yang didapatkan pada VG247.com, Playstation 4 nantinya akan menggunakan 7970M dengan clock 800 MHz dan diperkirakan bisa melakukan komputasi hingga 1,84 Teraflops, yang tentunya kemampuan ini lebih baik 50% dari Xbox 720 yang diperkirakan mempunyai komputasi sebesar 1,23 Teraflops. Kendati demikian, sepertinya Playstation 4 tidak memiliki Ram sebesar Xbox 720 yang dikabarkan menggunakan 8GB dan tentunya dalam urusan loading resource ini, Xbox di perkirakan bisa mengungguli Playstation 4.

Pihak Sony masih sangat tertutup dengan spesifikasi lengkap, harga dan jadwal perilisan Playstation 4 ini dan bahkan ada bocoran yang mengatakan Sony tidak akan mengungkap Playstation 4 lebih lanjut sebelum Xbox 720 ini diungkap terlebih dahulu. Hooooo... ada apa dengan Sony ya, apa takut bersaing dengan Xbox 720 seperti generasi sebelumnya? Who knows? Kita tunggu saja tanggal mainnya saat E3 2013 nanti. :)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar