Tips Cek Kesehatan Dari Lidah

Bookmark and Share

Selain membantu Anda menikmati lezatnya makanan, lidah ternyata juga memiliki fungsi penting untuk menunjukkan kondisi kesehatan. Itulah sebabnya dokter terkadang meminta pasien menjulurkan lidahnya untuk diperiksa ukuran, warna, dan teksturnya agar bisa mendiagnosis.
Jika Anda juga ingin tahu kesehatan tubuh secara umum, simak diagnosis kesehatan dari kondisi lidah :
WarnaWarna lidah yang sehat adalah kemerahan, jadi jika warna lidah Anda merah gelap, tandanya ada inflamasi pada tubuh. Pada kasus ekstrem, kondisi lidah seperti itu juga bisa berarti kanker. Sementara lidah berwarna kecokelatan atau hitam disebabkan oleh kelebihan konsumsi tembakau. Kemudian lidah merah muda pucat mengindikasikan serangan demam berdarah.
Jika ada lapisan putih tebal, bisa jadi ada masalah di daerah hati dan kantung empedu. Baru ketika lidah berubah warna menjadi biru atau ungu, sebaiknya bergegas meminta bantuan medis.
TeksturLidah yang sehat sebaiknya berwarna merah muda terang dan lembap. Jika lidah tidak bertekstur, tandanya Anda kurang zat besi. Tetapi ketika lidah penuh bintik, kemungkinan besar Anda rentan terhadap alergi. Sementara lidah kering adalah tanda stres, karena kelenjar ludah tidak berfungsi secara maksimal. Untuk tekstur lidah yang sehat, syaratnya adalah memiliki lapisan transparan tipis di atasnya.
Menjaga kebersihanJagalah kebersihan lidah dengan baik. Sebab jika tidak, akan ada jamur yang menginfeksi dan menyebabkan kuman penyakit. Cara menjaga kebersihan lidah cukup mudah. Anda hanya perlu membersihkannya dengan perlahan dari arah belakang ke depan setelah menggosok gigi.
Bentuk lidahBerdasarkan ilmu kedokteran, bentuk lidah terkadang juga mengindikasikan kesehatan. Tetapi menurut pengobatan tradisional China, lidah menentukan konstitusi fisik dan mental seseorang.
  • Lidah lebar biasanya dimiliki oleh orang yang harmonis dan lembut.
  • Lidah sempit dengan ujung runcing tajam menunjukkan konsumsi daging ibu yang sedang mengandung. Hal ini juga indikasi dari kepribadian yang kaku dan agresif dengan pikiran sempit.
  • Lidah dengan ujung terbelah tandanya terlalu sering makanan mentah dan sayuran selama hamil. Sifat orang dengan lidah ujung terbelah ini cenderung punya pikiran yang cepat berubah.
  • Lidah datar menandakan kepribadian yang harmonis karena rajin makan biji-bijian dan makanan nabati.
  • Lidah tebal mengindikasikan konsumsi protein hewani dan lemak berlebihan oleh ibu. Sementara biasanya mereka memiliki kepribadian yang agresif.

Itulah berbagai cara mendiagnosis kesehatan dari kondisi lidah. 



sumber:Idiva

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger