6 Kategori Berita Berdasarkan Peliputan

Bookmark and Share

Berita terbaru merupakan segala sesuatu dan apapun bentuk informasi baru atau informasi yang dituangkan melalui percetakan, Internet, penyiaran atau secara lisan kepada pihak ketiga atau orang banyak. 

Teknologi yang lampau Berita Terbaru hanya bisa disampaikan menggunakan surat secara fisik ataupun percakapan secara langsung

Penyampaian secara lisan sebelumnya hanya secara berhadapan langsung, tetapi kini juga memasukkan percakapan telepon, SMS dan dialog web, email dan sebagainya.
  • Berita Langsung ( laporan langsung )

Berita jenis ini memiliki nilai penyajian objektif tentang fakta-fakta yang dapat dibuktikan biasanya bentuk situs berita tersebut adalah kronologis dan mengandung unsur (5W + 1H)
  • Berita Investigasi

Berita yang sifatnya ditelusuri misalnya investigasi oleh wartawan dan kemudian informasi tersebut dihimpun dengan fakta-fakta mengenai peristiwa tersebut dan bersifat mendalam, tajam lengkap dan utuh tentang suatu peristiwa fenomenal dan aktual dan dipusatkan pada masalah dan kontroversi.
  • Berita Komprehensif

Berita yang disajikan tentang fakta yang bersifat menyeluruh ditinjau dari berbagai aspek.
  • Berita Intreptatif

Berita yang memfokuskan sebuah isu, masalah atau peristiwa kontroversial dan biasanya dipusatkan untuk menjawab pertanyaan mengapa.
  • Cerita Fitur

Berita yang disajikan oleh penulis atau wartawan dengan mengedepankan suatu pengalaman pembaca yang lebih bergantung pada gaya menulis dan humor dari pada pentingnya informasi yang disajikan.
  • Berita Editorial

Berita yang disajikan dari buah pikiran sebuah institusi yang diuji didepan sidang pendapat umum dan dalam bentuk fakta dan opini yang menafsirkan berita penting yang mempengaruhi pendapat umum.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar