Tips Pengenalan tentang Internet

Bookmark and Share

Tips Pengenalan tentang Internet

Internet merupakan jaringan komputer global yang diperkirakan saat ini dipergunakan oleh lebih dari 275 juta orang di seluruh dunia. Cikal bakalnya adalah jaringan computer yang dipergunakan Departemen Pertahanan AS yang disebut ARPANET. Tak lama kemudian ARPANET dikembangkan menjadi jaringan yang lebih luas dan disebut Internet. Pada akhir decade 80 ,Internet sudah mulai tersebar ke seluruh dunia, namun masih terbatas pada dunia akademis. Karena Internet menawarkan banyak fasilitas seperti mengirim surat elektronik (email), transfer data, bahkan juga penggunaan video, maka tak heran kalau perkembangan Intenet dan jumlah penggunanya meningkat pesat. Internet dapat dibayangkan sebagai sebuah “samudra” komputer di seluruh dunia yang masing-masing terkoneksi satu sama lain dengan menggunakan “kabel”. Mungkin timbul pertanyaan, jika demikian apakah berarti sebuah kabel yang digunakan begitu panjang? Tentu saja tidak. Jaringan Internet meminjam saluran telepon dan media pemancar sebagai “kabel” yang menghubungkan satu computer dengan yang lain. Jadi sebetulnya, antara satu komputer dengan komputer lain, yang saling berkomunikasi satu sama lain lewat Internet, mungkin saja, menggunakan banyak sekali “kabel” (media komunikasi). Coba bayangkan, sekarang ini Anda bisa saja chatting dari Surabaya ke teman Anda yang sedang bersekolah di Boston. Ada berapa banyak “kabel” yang dibutuhkan untuk itu? Sedangkan untuk dapat tersambung ke Internet dari rumah, biasanya digunakan modem. Modem ini bertugas untuk mengokonversikan gelombang yang dikirimkan menjadi bahasa yang dimengerti oleh komputer. Dari sinilah muncul istilah Dial-Up Networking. Sebagai contoh praktis, untuk menghubungi TelkomNet Instan, digunakan software Dial-up Networking dengan media komunikasi modem. Komunikasi Internet ini mempunyai bermacam-macam koneksi. Antaranya adalah seperti berikut :

Modem paling banyak digunakan oleh orang, digunakan dengan menghubungkan dengan Internet melalui line telpon. Ketika browsing web menggunakan modem, kecepatan yang digunakan kebanyakan adalah 56 Kilobit per second (56 Kbps).

Kabel modem dapat melakukan transfer informasi dalam speed lebih dari 3000 Kilobit persecond (3000 Kbps) dengan menggunakan kabel seperti kabel yang digunakan pada televisi. Contoh yang ada sekarang adalah Kabel Vision.

3. ISDN
Singkatan dari Integrated Service Digital Networking, adalah komunikasi telpon menggunakan digital. Kecepatan trasfernya adalah kebanyakan antara 64Kbps sampai 128 Kbps. Contoh penyedia ISDN adalah Telkom.

4. DSL
DSL (Digital Subscriber Line), dengan kecepatan transfer 1000 Kbps sampai 9000 Kbps. (hampir seperti kecepatan LAN 10Kbps).

Demikian Tips Pengenalan Tentang Internet semoga membantu.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger