Singkong, Sang Penyembuh Banyak Penyakit

Bookmark and Share
Julukan anak singkong mempunyai arti anak ndeso dan kampungan. Makanya dulu ada lagu "Singkong dan Keju" yang menggambarkan kontras antara anak miskin dan anak orang kaya.

Singkong memang sering dipandang sebelah mata. Untuk penganan, memang singkong sudah banyak diolah jadi berbagai kudapan. Namun entah kenapa, banyak orang masih menomor-duakan singkong bila bersanding dengan makanan khas barat. Karena itulah, singkong tetap dianggap "tradisional."
Sebenarnya bila dikaji lebih dalam, singkong memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Singkong juga dikenal sebagai umbi yang memiliki khasiat antioksidan, antikanker, antitumor, dan dapat meningkatkan nafsu makan.

Tak hanya itu, singkong juga mampu menyembuhkan beragam penyakit. Penyakit apa sajakah?

 
Rematik
Untuk mengobati rematik, pengobatan dengan singkong bisa dari dalam maupun luar. Pada pemakaian luar, gunakan daun singkong lima lembar ditambah 15 gram jahe. Lalu aduk dan oleskan pada tubuh.

Untuk pengobatan dari dalam, gunakan 100 gram batang singkong, serai, garam, jahe 15 gram. Semua bahan tersebut direbus dengan 1000cc air hingga menjadi 400 cc, saring. Minum sebanyak 200cc sekali dalam sehari. Lakukan selama dua hari.

Demam
Rebus 60 gram batang singkong dan 300 gram daun singkong dengan 800 cc air. Biarkan rebusan menyusut sampai 400 cc, saring dan minum. Untuk hasil maksimal, harus meminumnya dua kali sehari.

Luka
Singkong juga dapat digunakan untuk mengobati luka yang telah memasuki tahap infeksi. Caranya: Tumbuk batang singkong yang masih segar, lalu boreh di daerah yang luka. Boleh juga dibalut lagi dengan perban.  Untuk luka yang disebabkan oleh benda panas, singkong dapat diparut dan diperas. Kemudian olesi di daerah luka. Lakukan hingga luka mengering.

Diare
Untuk mengobati diare atau sakit perut, coba deh gunakan daun singkong. Caranya dengan merebus tujuh lembar daun singkong, dengan 800 cc air, biarkan hingga menyusut 400 cc, saring dan minum.

Sakit Kepala
Minum obat sakit kepala terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya coba cara alami dengan menumbuk daun singkong sampai halus, lalu menaruhnya di atas kepala untuk kompres.

Beri-beri
Beruntung bagi mereka yang gemar menyantap daun singkong, karena akan terhindar dari penyakit ini. Namun, bagi yang sudah terkena penyakit beri-beri, harus mengonsumsi 200 gram daun singkong rebus seperti sayuran segar.

Meningkatkan Stamina
Untuk meningkatkan stamina, campurkan 100 gram singkong, 5 butir angco (sejenis kurma Tiongkok), dan air. Untuk menghindari rasa pahit, tambahkan sedikit madu.

Jadi karena kita tahu singkong banyak manfaatnya, mulai dari sekarang hilangkanlah rasa gengsi kita buat makan singkong.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar