5 tips Menanggulangi Gigitan Ular

Bookmark and Share
Penjelajahan di alam bebas memang salah satu kegiatan yang menarik dan menantang bagi penggemarnya. Perjalanan yang tentunya diselingi dengan pertemuan kita dengan hewan liar, seperti ular misalnya merupakan satu hal yang menantang.

www.belantaraindonesia.org

Tapi waspadalah! Jika tidak hati - hati, serangan seperti digigit ular bisa dialami siapa saja. Panik, cemas dan tegang pasti langsung menggelayuti seluruh tubuh Anda begitu tahu ada anggota kelompok yang digigit ular. Ya, kecelakaan seperti ini memang tak bisa dihindari saat sedang berkegiatan di alam bebas.



Lalu apa yang harus dilakukan jika hal semacam ini dialami? Inilah 5 tips dan langkah pertama yang harus dilakukan ketika ular tiba - tiba menggigit anggota tubuh rekan perjalanan Anda:

1. Jangan panik

Hal pertama yang harus dilakukan dan sangat penting adalah jangan panik. Sang korban gigitan boleh saja teriak kaget dan tiba - tiba berubah panik ketika kakinya digigit ular, tapi ini tidak boleh terjadi oleh Anda.

Sebagai rekan kelompok, Anda dan teman lain harus tenang, jangan ikut - ikutan panik apalagi histeris. Panik hanya membuat pikiran jadi buntu, Anda pun akan lupa dengan pertolongan pertama yang seharusnya dilakukan. Jangan lupa juga untuk menenangkan sang korban, ya!

2. Segera ikat bagian atas dan bawah gigitan
Hal kedua yang harus segera Anda lakukan adalah segera ikan bagian atas dan bawah luka gigitan dengan kain. Ikat dengan kencang agar bisa ular tidak menyebar ke tempat lain.

3. Jangan sekali - kali menghisap darah 
Ini dia hal penting yang harus Anda perhatikan saat melihat seorang teman digigit ular, jangan pernah sekali - kali menghisap darah yang keluar dari luka bekas gigitan. Mungkin hal ini memang sering muncul di banyak tayangan televisi, tapi itu sangat tidak disarankan.

Kenapa? Karena Anda tidak pernah tahu dengan pasti apakah ular yang menggigit itu berbisa mematikan atau tidak. Selain itu, Anda juga tidak tahu dengan pasti apakah bagian mulut Anda ada luka kecil, atau pun gigi yang berlubang. Bahayanya, kalau ular itu benar berbisa dan ada luka kecil di bagian mulut, bisa jadi bisa itu masuk dan menjalar ke tubuh Anda. Hii!

4. Usahakan bagian yang digigit dalam posisi datar
Selain mengikat bagian yang digigit dengan kencang, perhatikan juga posisinya datar. Ini untuk menghindari lebih banyaknya darah yang keluar dari luka. Ini juga menghindari bisa ular mengalir lebih cepat mengikuti aliran darah.

Jika bagian kaki yang digigit, sebaiknya gotong tubuh sang korban. Jangan biarkan jalan sendiri karena bisa menambah parah pendarahan.


5. Segera bawa korban ke rumah sakit 
Setelah 4 langkah di atas sudah dilakukan, saatnya membawa korban ke rumah sakit atau puskesmas terdekat. Jangan biarkan waktu digigit dengan penanganan serius dari pihak medis terlalu lama. Ini bisa membahayakan kondisi sang korban.

Alam liar bisa memberikan pengalaman menarik saat dijelajahi. Namun, tetap berhati - hati adalah tetap yang utama.


sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar