Ingin Tangkal Praktik Kotor Sepakbola, PSSI Gandeng Investigator Inggris

Bookmark and Share
 

Untuk menangkal kecurangan pertandingan demi sepakbola yang bersih dari praktik kotor, PSSI menjalin kerja sama dengan sebuah perusahaan investigasi olahraga asal Inggris.


Perusahaan itu adalah Sport Data Group (SDG), yang didirikan dengan misi menyelidiki kasus-kasus kejahatan di sepakbola seperti praktik suap, pengaturan skor, dan korupsi.

"Kami ingin memperbaiki sepakbola Indonesia dengan memfokuskan dan memperbaiki integritas terkait penyelenggaraan sepakbola. Ini dikarenakan PSSI masih mengalami hambatan seperti praktik peninggalan masa lalu terkait match fixing dan menyangkut suap," ujar Sekjen PSSI Halim Mahfudz, di Gedung Energy, Jakarta, Selasa (20/11/2012).

Dikatakan Halim, kerja sama tersebut juga dimaksudkan untuk mengembalikan kepercayaan pihak sponsor untuk bekerja sama dengan PSSI, serta terus berinvestasi di dunia sepakbola nasional.

"Kerja sama ini akan terus kami bangun supaya sepakbola Indonesia bersih. Kompetisi internal juga akan diawasi. Selanjutnya kami akan lakukan MoU, baru kemudian tentukan prioritas," ungkap Halim.

Sementara itu, Investigator SDG Wilayah Asia Tenggara, Michael Braid, mengatakan bahwa pihaknya akan berusaha membantu memperbaiki sepakbola Indonesia dengan melakukan penyelidikan di kompetisi Indonesia.

"Caranya kami akan melakukan investigasi dengan mengumpulkan data terkait pengaturan skor, suap dan menyampaikannya pada federasi yang memerlukan. Kini, kita berdiskusi dengan PSSI agar sepakbola Indonesia lebih baik di masa depan," ujar Braid, seraya menambahkan bahwa SDG juga ikut membantu FIFA dan International Centre for Sport Security (ICSS).

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar