Fakta-Fakta Menarik Terkait Piala AFF

Bookmark and Share
 

Tahukah berapa gol terbanyak yang dicetak seorang pemain di sebuah pertandingan Piala AFF? Indonesia masih memegang rekor sebagai pemenang dengan skor terbesar: 13-1.


Berikut ini adalah beberapa catatan menarik terkait turnamen Piala AFF:

* Thailand dan Singapura adalah pengoleksi gelar juara terbanyak, yaitu tiga kali. Tim 'Gajah Putih' juara di tahun 1996, 2000, dan 2002. Tim Singa di edisi 1998, 2004, dan 2007.

* Selain paling banyak juara, Thailand juga paling sering menjadi tuan rumah. Dari delapan kali perhelatan, separuh dari turnamen dua tahunan itu berlangsung di negara "1.000 Pagoda" itu. Mereka dipercaya menjadi tuan rumah tahun 2000, 2007, 2008, dan 2012.

* Rekor kemenangan terbesar di Piala AFF dipegang oleh timnas Indonesia. Rekor itu dibuat di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, 23 Desember 2002, saat menggilas Filipina dengan skor 13-1.

Bambang Pamungkas dan Zaenal Arief masing-masing menyumbang empat gol. Lima gol lainnya tercatat atas nama Budi Sudarsono (1), Imran Nahumarury (1), Bejo Sugiantoro (2), dan bunuh diri pemain Filipina, Solomon Licuanan.

* Penyerang Singapura, Mohamed Noh Alam Shah, tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu pertandingan. Pemain yang pernah memperkuat Arema Indonesia dan Persib Bandung itu memborong tujuh gol saat Singapura mencukur Laos dengan skor 11-0 di Piala AFF 2007.

Along -- sapaan akrab Alam Shah -- juga masih memegang rekor jumlah gol terbanyak sepanjang turnamen dengan koleksi 17 gol. Di bawah dia adalah Worrawoot Srimaka (Thailand/15 gol), Le Huynh Duc (Vietnam/14), Kurniawan Dwi Julianto (Indonesia/13), Kiatisuk Senamuang (Thailand/12), dan Bambang Pamungkas (Indonesia/12).

* Dari 11 negara di Asia Tenggara, baru ada empat negara yang pernah menjuarai Piala AFF. Thailand, Singapura, Vietnam, dan Malaysia. Indonesia menjadi runner-up paling sering, sebanyak empat kali.


sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger