'Malaysia Lebih Tertekan, Indonesia Harus Bisa Memanfaatkannya'

Bookmark and Share
 

Jakarta - Secara kualitas permainan, Malaysia dinilai masih lebih baik dari Indonesia. Tapi karena 'Harimau Malaya' dalam tekanan untuk menang agar bisa lolos, 'Merah Putih' harus bisa mengambil keuntungan demi mengalahkan tuan rumah.

Laga ketiga Grup B AFF Suzuki Cup 2012 di Stadion Bukit Jalil, Sabtu (1/12) malam WIB akan mempertemukan dua musuh bebuyutan, Malaysia dan Indonesia. Setelah melewati dua laga, kondisi kedua tim ini sedikit berbeda.

Malaysia baru mengumpulkan tiga poin dari dua laganya butuh kemenangan untuk bisa lolos ke semifinal. Sementara Indonesia (4 poin) cuma butuh hasil seri untuk menyingkirkan lawannya itu.

Maka dari itu bisa dibilang laga besok adalah duel 'hidup-mati' untuk Malaysia sebagai juara bertahan. Hal ini dinilai bisa membuat Malaysia tertekan dan harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Bambang Pamungkas cs.

"Kalau dari segi permainan, jujur kita harus mengakui Malaysia di atas kita. Mereka bagus melawan Laos dan juga saat kalah dari Singapura pun Malaysia pun bermain bagus. Namun, kebobolan dua gol cepat itu membuat mental Malaysia jatoh, Dari segi permainan, Malaysia termasuk yang terbaik di turnamen ini," ujar pengamat sepakbola, M.Kusnaeni, saat dihubungi detiksport, Jumat (30/11) sore WIB.

"Kekalahan lawan Singapura itu jadi beban untuk malaysia. Namun, kerugian sendiri juga buat Indonesia adalah melawan Malaysia ketika mereka sudah bangkit (pasca menang 4-1 atas Laos). Dari segi timing ini tidak terlalu menguntungkan, itu akan membuat pekerjaan menjadi lebih berat. Beda halnya kalau kita melawan mereka di laga kedua," sambung pria yang akrab disapa Bung Kus itu.

"Ya kita harus kita hadapi karena ini kan sudah dijadwalkan. Peluang Indonesia maupun Malaysia 50:50 walaupun dari segi permainan Malaysia lebih baik. Tapi Indonesia pressuren-ya tidak sebesar Malaysia yang harus menang, inilah yang megunungkan untuk Indonesia."

Lebih lanjut Bung Kus mengungkapkan bahwa yang terpenting bagi Indonesia di laga besok adalah meraih tiket lolos, tidak peduli apakah itu diraih dengan hasil seri atau menang. Karena itu dia mengharapkan Nil Maizar bisa menemukan strategi yang tepat demi meredam perlawanan Malaysia besok.

"Perjuangan Indonesia masih berat, bukan soal mengalahkan Malaysia. Yang terpenting adalah Indonesia lolos, tidak peduli juara grup atau runner-up, karena lawan dari Grup A sama saja, kekuatannya relatif tak berbeda jauh dan permainan seluruh tim nyaris sama, baik itu Thailand, Filipina dan Vietnam. Tidak usah memilih lawan dulu karena yang penting mendapatkan strategi yang tepat untuk lolos," tuntas Bung Kus.

 sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar